Headlines News :
Home » , » Apa Asyiknya Wisata Ke Lokasi Bencana?

Apa Asyiknya Wisata Ke Lokasi Bencana?



Tidak ubahnya di Indonesia, masyarakat dunia juga gemar melakukan wisata bencana.Maksudnya, wisatawan secara sengaja melakukan perjalanan ke tempat-tempat sebelumnya atau baru saja mengalami bencana.
Contoh riil di Indonesia adalah bencana lumpur Lapindo. Setelah beberapa tahun kasus lumpur Lapindo terjadi, sampai sekarang masih banyak wisatawan lokal yang mengunjungi bendungan lumpur lapindo. Mereka melihat kondisi sekitar sembari mendengarkan kisah pilu yang melingkupi kejadian itu.
Cara unik berwisata ini akhirnya dijadikan bahan penelitian oleh Universitas Lancashire di Inggris. Peneliti ingin mencari tahu kenapa wisatawan justru senang dengan lokasi yang sebenarnya dipenuhi kesan duka.
Philip Stone, pemimpin penelitian, mengatakan, wisatawan  berkunjung ke lokasi bencana bisa merasakan sensasi tidak biasa dari sebuah perjalanan wisata. Mereka juga akhirnya merenung bahwa kematian itu dekat.
Selain itu, wisatawan berusaha menangkap dengan jelas makna di balik peristiwa terjadi di tempat kejadian. Mereka tergugah emosinya dan akhirnya muncul rasa empati. Setelah tanda tanya di hati mereka terjawab, akhirnya merasa lega. Inilah sensasi dari sebuah wisata bencana yang berbeda dari wisata umumnya yang mengandalkan unsur keceriaan.

“Orang-orang itu merasa cemas sebelumnya, tetapi kemudian merasa lebih nyaman setelah meninggalkan lokasi itu, dan merasa gembira karena bencana itu tidak menimpa mereka,” kata Stone seperti dikutip BBC.
Namun, biasanya mengunjungi lokasi bencana hanya menjadi salah satu bagian dari berbagai tujuan wisata yang akan dituju. Tetap saja yang utama adalah ke tempat wisata yang penuh kesenangan.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2012. share and fun - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Download This Free Blogger Template